Select Page

Apakah tidur cukup adalah cara mengecilkan perut Anda? Ya Tidur. Setiap orang pasti menyukai aktivitas yang satu ini. Begitupun dengan saya, sepertiga umur saya pasti saya habiskan untuk tidur. Karena dengan tidur, tubuh kita melakukan proses pemulihan setelah seharian beraktivitas sangat padat.

Tak hanya itu proses pemulihan, tidur cukup 7 jam sehari juga memiliki manfaat yang pasti Anda inginkan yaitu dapat membantu proses diet atau mengatasi kelebihan berat badan Anda. Ya, tidur cukup dapat mengecilkan perut Anda dan menurunkan berat badan Anda. yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Tidur Cukup Adalah Cara Mengecilkan Perut Anda

Studi yang sudah dilakukan oleh University of Chicago and University of Wisconsin menjelaskan bahwa orang yang tidur kurang dari 7 jam lebih berisiko mengalami kelebihan berat badan. Ketika orang tersebut melakukan diet pun bila tidur hanya kurang dari 7 jam tidak akan berhasil. Jadi memang ada hubungan antara tidur cukup dengan berat badan.

Pada penelitian terdahulu disebutkan bila orang yang tidak mendapatkan tidur cukup di malam hari atau kurang dari 7 jam akan cenderung ngemil makanan tak sehat di pagi hari dan menjelang siang hari.

Menurut sumber yang saya dapatkan, para peneliti mengungkap bahwa kurang tidur lebih mempengaruhi tingkat Basal Metabolic Rate (BMR) seseorang. Apa itu BMR? Basal Metabolic Rate merupakan kebutuhan kalori minimal untuk semua orang agar orang tersebut tetap hidup pada saat kondisi tubuh sedang tertidur ataupun tidak beraktivitas. Kurang tidur dapat mengakibatkan gangguan metabolisme tubuh, yakni menurunnya proses metabolisme yang dapat menghambat proses pembakaran lemak saat diet Anda.

Menurut sumber penelitian yang pernah saya baca, sekelompok peneliti menguji 10 orang kelebihan berat badan (overweight) paruh baya yang rata-rata memiliki indeks massa tubuh 27.4, nilai ini berada di antara overweight dan obesitas. Lalu dilakukan dua penelitian kepada 10 orang tersebut. Pada penelitian pertama, sebagian mereka diharuskan untuk diet rendah kalori dan tidur selama 5 jam. Sementara penelitian kedua, sebagian dari mereka diet rendah kalori dan tidur 8 jam di malam hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mendapatkan tidur cukup (8 jam di malam hari) mengalami penurunan lemak di bagian tubuh manapun terutama di bagian peurt yang lebih banyak saat menjalankan diet rendah kalori daripada mereka yang kurang tidur (hanya 5 jam) di malam hari.

Lebih dari 53 persen penurunan berat badan berasal dari menurunnya kadar lemak tubuh pada mereka yang mendapatkan tidur cukup di malam hari, dan hanya 25 persen penurunan berat badan dari menurunnya lemak tubuh pada mereka yang kurang tidur. Jadi saran saya, untuk selalu tidur cukup.

Bila orang mengalami kurang tidur maka terjadi peningkatan kadar hormon ghrelin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan penyimpanan lemak dalam tubuh, terutama pada mereka yang kurang tidur. Hormon ghrelin juga dikenal sebagai hormon pemicu rasa lapar dan mendorong seseorang untuk makan melebihi porsi normal. Akibatnya, Anda tidak bisa menjalankan diet Anda dengan maksimal karena Anda akan selalu lapar dan diet Anda terasa sangat menyiksa.

Pada penelitian selanjutnya, ditemukan juga bahwa tidur dalam keadaan lampu menyala juga dapat menyebabkan berat badan bertambah. Peneliti dapat mengatakan demikian, karena lebih dari 60 % orang yang menjalankan diet tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas karena lampu kamar yang menyala. Itu karena cahaya lampu dapat menghalangi tubuh memproduksi zat melatonin.

Apa itu zat melatonin? Selain membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, zat melatonin merupakan antioksidan murni yang melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas berbahaya. Melatonin memiliki kelebihan untuk menyebar lebih mudah dan cepat ke seluruh sel-sel syaraf dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur berkualitas sebaiknya tidur dengan keadaan lampu mati. Selain hemat energi, Anda pun bisa turun berat badan lebih cepat. Untuk saya juga demikian, sangat lebih nyenyak tidur dengan keadaan lampu mati dibandingkan lampu menyala. Dan juga membuat tubuh lebih segar pada pagi hari.

Peneliti juga selalu mengingatkan Anda yang gemar begadang tiap malam. Terlalu sering begadang bisa meningkatkan risiko obesitas lebih besar dan menyebabkan perut semakin buncit. Seiring tubuh tetap terjaga dan aktif semalaman, maka otak akan merseponnya dengan memberikan sinyal lapar dan rasa ingin ngemil yang bisa mengakibatkan berat badan semakin bertambah.

Jadi untuk Anda yang ingin mengecilkan perut buncit dan menurunkan berat badan sebaiknya tidur lebih awal serta kurangi kebiasaan menonton televisi dan bermain komputer menjelang tidur. Dan jangan lupa untuk mematikan lampu kamar Anda saar tidur, agar Anda mendapatkan tidur berkualitas dan sukses diet menurunkan berat badan Anda.

Nah sahabat pengendietcom sudah tahu bahwa sebenarnya tidur cukup adalah cara mengecilkan perut Anda serta menurunkan berat badan Anda, minimal tidur 7 jam sehari untuk mendapatkan tubuh ideal Anda. Terima kasih telah membaca artikel “Tidur Cukup adalah Cara Mengecilkan Perut Anda”. Semoga bermanfaat, dan simak cara mengecilkan perut.

Sumber artikel : duniafitnes

Artikel ini Menarik? Yuk Share 😀
Shares